Salah
satu kompetensi dasar aspek keterampilan
mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX
semester 2 yaitu siswa mampu
menyusun teks tanggapan kritis, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman
percobaan sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Indikator kompetensi
ini adalah (1) merencanakan penulisan teks rekaman percobaan membuat taman sederhana
di depan kelas; (2) menulis teks rekaman percobaan dengan memerhatikan pilihan
kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda
baca/ejaan; dan (3) memeragakan teks rekaman percobaan secara lisan.
Pembelajaran ini bertujuan agar siswa mampu (1)
merencanakan penulisan teks rekaman percobaan membuat taman sederhana di depan
kelas; (2) menulis teks rekaman percobaan dengan memperhatikan pilihan kata,
kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan; dan
(3) memeragakan teks rekaman percobaan secara lisan.
Alasan
memlilih teks rekaman percobaan pembuatan
taman sederhana di depan kelas adalah agar
halaman depan kelas menjadi rapi, indah,
dan sejuk karena selama ini depan kelas IX terkesan kumuh dengan sampah, agak gersang, dan ada beberapa
tumbuhan yang tidak terawat.
Model
pembelajaran yang digunakan dalam
pembelajaran ini adalah model pembelajaran berbasis proyek. Pada
pertemuan 1, siswa dibagi menjadi 4
kelompok masing-masing kelompok 7 siswa. Dengan panduan guru siswa secara
berkelompok merencanakan proyek membuat taman sederhana. Dimulai dari penentuan
jadwal penyusunan rencana kegiatan , penyusunan teks rekaman percobaan cara
membuat taman sederhana, pelaksanaan pembuatan taman, penyusunan laporan, dan
evaluasi pelaksanaan. Setelah membuat jadwal kegiatan, kegiatan dilanjutkan dengan
penyusunaan teks rekaman percobaan dan melakukan pengukuran lahan yang akan
dijadikan taman. Selanjutnya dilakukan pembagian lahan sesuai jumlah kelompok.
Pada
pertemuan kedua, secara berkelompok siswa mempresentasikan dan memeragakan cara membuat taman sederhana di depan kelas
mereka. Pada saat kegiatan praktik, siswa menyiapkan alat yang berupa cangkul,
sekop, sapu lidi, dan tempat air. Selain
menyiapkan lahan, beberapa siswa juga menyiapkan bibit bunga untuk mereka
tanam. Selanjutnya beberapa lahan yang sudah gersang dicangkul agar tanah tidak padat. Setelah itu tanah dicampur
dengan pupuk. Secara berkelompok siswa menanam lahan dengan tanaman sesuai
dengan lahan yang telah ditentukan.
Foto kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar