Latest News

Adbox

Jumat, 03 Februari 2017

Belajar Tentang Pencemaran Lingkungan

Belajar bisa dimana saja dan kapan saja, prinsip seperti itu sangat sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 yang mempunyai tujuan akhir membuat siswa belajar dengan suasana yang menyenangkan sehingga semua ilmu pengetahuan dapat terserap dengan baik dan mengendap dengan waktu yang lama di otak.

Demikian juga dengan tujuan SMP Negeri 8 Salatiga menuju sekolah adiwiyata maka pelaksanaan pembelajaran diarahkan untuk pelajaran yang berwawasan lingkungan, salah satunya adalah pelajaran IPS dengan sub tema pencemaran.

Dalam pembelajaran tersebut anak diajak ke tempat pembuangan sampah untuk langsung melihat tentang pencemaran yang diakibatkan sampah sekaligus mewawancarai warga sekitar tentang dampak dari pembuangan sampah tersebut. Hasil wawancara menunjukan bahwa semua warga terganggu dengan bau yang dihasilhan dari sampah sampah tersebut, ada juga warga yang mengeluhkan tentang orang dari luar kampung yang setiap hari membuang sampah disitu yang membuat tumpukan sampah semakin menggunung.

Adapun saran dari para warga ini adalah pemindahan lokasi pembuangan sampah ke tempat yang tidak ada penduduknya atau membuat peraturan bahwa yang boleh membuang sampah disitu hanya warga sekitar saja.

Berikut ini adalah foto kegiatan pembelajara diluar kelas mata pelajaran IPS dengan sub tema Pencemaran.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil

SMPN 8 Salatiga, merupakan sekolah yang terletak di wilayah kecamatan Tingkir Salatiga, tepatnya di Jl. Argotunggal Salatiga. SMPN 8 Salatiga berdiri sejak tahun awal tahun pelajaran 1991/1992, bila menilik sejarahnya cikal bakal berdirinya merupakan gubahan dari sekolah yang telah lama ada yaitu Sekolah Tehnik Pertama(STP).

Lokasi